Info Wisata, Kulineran & Gaya Hidup

Teks Nonfiksi Masyarakat Indonesia Sebagai Negara Agraris Dan Negara Kepulauan

74

Ketampakan alam yang ada di Indonesia tentu memengaruhi cara masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk kehidupannya. Berbagai upaya dilakukan masyarakat dalam memanfaatkan dan mengelola sumber daya tersebut. Masyarakat petani di Bali menggunakan subak untuk membantu ketersediaan air sehingga terjamin perjuangan pertaniannya. Masyarakat petani Brebes memanfaatkan wilayahnya sebagai penghasil bawang merah nasional. Masyarakat nelayan di Banyuwangi memanfaatkan hasil ikannya untuk diolah menjadi sarden yang dipasarkan di seluruh Indonesia.

Bersama dengan sobat sebangkumu, carilah isu tentang aktivitas masyarakat Indonesia sebagai negara agraris dan negara kepulauan berkaitan dengan mata pencaharian mereka. Beberapa contoh kehidupan masyarakat di atas mampu kau gunakan sebagai sumber pandangan baru. Setelah kamu menerima berita, buatlah sebuah tulisan nonfiksi secara mampu berdiri diatas kaki sendiri sebanyak tiga paragraf atau lebih. Gunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menulislah dengan rapi dan jangan lupa menggunakan aksara kapital serta tanda baca yang sesuai kaidah.

Setelah itu, tukarkanlah hasil tulisanmu dengan goresan pena sobat sebangku.
Tulislah berita penting yang terdapat dalam bacaan tersebut.

Read More :  Menentukan Panjang Rusuk Kubus Kalau Diketahui Volume

Kegiatan Ekonomi Agraris Masyarakat Indonesia
Indonesia merupakan negara agraris dengan luas lahan yang sangat luas. Kegiatan ekonomi agraris yakni kegiatan ekonomi penduduk dalam memanfaatkan faktor-faktor alam, khususnya dalam bidang pertanian; termasuk di dalamnya yaitu peternakan, perikanan, perkebunan, dan kehutanan.

Kegiatan ekonomi pertanian berpusat di tempat-tempat pedesaan yang masih menyediakan lahan yang cukup luas. Pertanian atau persawahan banyak diusahakan di kawasan pedesaan Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali, dan sebagian Sulawesi. Di wilayah Nusa Tenggara, budidaya pertanian persawahan kurang cocok diterapkan, alasannya di wilayah tersebut curah hujannya relatif lebih sedikit jikalau dibandingkan dengan daerah lain.

Kegiatan ekonomi peternakan membudidayakan binatang-hewan yang menjadi komoditas pangan, yang dimanfaatkan tenaganya atau tujuan lainnya. Daerah yang memiliki potensi pakan ternak, mirip padang rumput, sebagian besar penduduknya bermata pencarian di bidang peternakan. Misalnya, penduduk di Sumbawa Nusa Tenggara Timur banyak yang beternak kuda sebab alamnya menyediakan pakan ternak yang berlimpah, yakni padang rumput.

Read More :  Matematika Kelas V Mencari Volume Kerucut
Ketampakan alam yang ada di Indonesia tentu memengaruhi cara masyarakat dalam memanfaatkan Teks Nonfiksi Masyarakat Indonesia Sebagai Negara Agraris dan Negara Kepulauan

Kegiatan perkebunan dan kehutanan juga banyak diusahakan masyarakat Indonesia. Di wilayah Sumatra, acara ekonomi agraris didominasi oleh flora perkebunan. Di wilayah Kalimantan, acara ekonomi agraris didominasi oleh hutan primer dan hutan produksi. Di wilayah Papua, kegiatan ekonomi agraris masih didominasi oleh aktivitas kehutanan, perkebunan sagu, dan sistem pertanian lahan kering (peladangan dan tegalan).

Kegiatan ekonomi agraris lainya adalah bidang perikanan. Jenis perikanan darat banyak diusahakan di danau, sungai, dan rawa-rawa.  Penangkapan ikan lebih intensif diusahakan di perairan sebelah Barat Sumatra dan sebelah Selatan Jawa, perairan Aru, serta perairan Laut Banda. Perikanan di perairan Laut Jawa, Selat Malaka, dan Selat Makassar banyak menghasilkan udang dan ikan; sedangkan mutiara banyak dibudidayakan di perairan Lombok, perairan Aru, dan perairan Maluku.

Paragraf Pikiran Utama Informasi Penting
1 Indonesia merupakan negara agraris dengan luas lahan yang sangat luas. 
  1. Kegiatan ekonomi agraris yakni kegiatan ekonomi penduduk dalam memanfaatkan faktor-faktor alam
2 Kegiatan ekonomi pertanian berpusat di tempat-tempat pedesaan yang masih menyediakan lahan yang cukup luas.
  1. Pertanian atau persawahan banyak diusahakan di tempat pedesaan Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali, dan sebagian Sulawesi. 
  2. Di wilayah Nusa Tenggara, budidaya pertanian persawahan kurang cocok diterapkan.
3 Kegiatan ekonomi peternakan membudidayakan hewan-binatang yang menjadi komoditas pangan,
  1. Daerah yang mempunyai potensi pakan ternak, seperti padang rumput.
  2. Penduduk di Sumbawa Nusa Tenggara Timur banyak yang beternak kuda.
4 Kegiatan perkebunan dan kehutanan juga banyak diusahakan masyarakat Indonesia
  1. Di wilayah Sumatra didominasi oleh tanaman perkebunan. 
  2. Di wilayah Kalimantan didominasi oleh hutan primer dan hutan produksi. 
  3. Di wilayah Papua didominasi oleh aktivitas kehutanan, perkebunan sagu, dan sistem pertanian lahan kering.
5 Kegiatan ekonomi agraris lainya adalah bidang perikanan
  1. Jenis perikanan darat banyak diusahakan di danau, sungai, dan rawa-rawa.  
  2. Penangkapan ikan lebih intensif diusahakan di perairan sebelah Barat Sumatra dan sebelah Selatan Jawa, perairan Aru, serta perairan Laut Banda. 
  3. Perikanan di perairan Laut Jawa, Selat Malaka, dan Selat Makassar banyak menghasilkan udang dan ikan.
Read More :  Lebih Bersahabat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Salat Sunnah

Comments are closed.