Info Wisata, Kulineran & Gaya Hidup

Pandangan Baru Pokok Teks Otot Insan

5

Otot-otot dalam tubuh insan memiliki beberapa fungsi, tetapi fungsi yang utama yaitu untuk bergerak. Adapun fungsi-fungsi yang lain antara lain untuk mendukung badan, menjaga postur badan, dan menjaga suhu tubuh. Semua fungsi otot tersebut dapat dilakukan apabila otot dalam keadaan sehat, tanpa terjadi gangguan atau kelainan.

Otot dalam badan insan berperan dalam gerakan-gerakan yang disengaja. Gerak yang disengaja berarti dilakukan secara sadar dan membutuhkan usaha tersendiri pada tiap-tiap bagian otot. Contoh gerak yang disengaja antara lain berjalan, membungkuk, memutar, memegang, dan mengangkat.

Selain itu, otot dalam tubuh insan juga berperan dalam gerakan manusia yang tidak disengaja. Gerak insan yang tidak disengaja ialah gerakan yang terjadi secara otomatis. Contoh gerak yang tidak disengaja antara lain pernapasan, gerak pencernaan masakan melalui sistem pencernaan, dan detak jantung.

Otot dalam tubuh juga berfungsi menawarkan sumbangan. Otot-otot dalam badan manusia, khususnya otot-otot pada rangka bekerja untuk mendukung tubuh. Misalnya saat duduk dan berdiri, otot-otot rangka ini akan melaksanakan pembiasaan gerakan dengan memperkuat sendi dengan menopang tulang sehingga berada pada posisi yang tepat. Selain itu otot rangka juga memegang peranan penting dalam menentukan kekuatan badan secara keseluruhan dan kemampuan untuk melaksanakan acara fisik. Dengan otot yang kuat maka kesehatan badan kita juga akan terjaga dan kita pun akan bisa melakukan berbagai gerakan.

Read More :  Kombinasi Gerak Dalam Permainan Sepak Bola

Fungsi lain dari otot yakni untuk mempertahankan postur badan. Otot-otot rangka membantu manusia contohnya untuk berdiri dan mempertahankan sikap tegak. Dalam hal ini otot-otot tersebut juga membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Otot juga berperan dalam menjaga suhu tubuh secara keseluruhan. Sistem otot mampu merespon kalau badan mengalami penurunan dan peningkatan suhu tibuh. Contoh respon otot saat terjadi penurunan suhu tubuh yaitu menggigil. Menggigil yakni respon tidak sengaja dimana otot berkontraksi secara sempurna untuk menghasilkan panas. Otot yang menggigil tersebut menuntut peningkatan darah yang mengandung oksigen untuk meningkatkan suhu badan.

Berdasarkan bacaan di atas, temukan inspirasi pokok masing-masing paragraf.

No. Paragraf Ide Pokok
1. Pertama Otot-otot dalam badan manusia memiliki beberapa fungsi, namun fungsi yang utama adalah untuk bergerak.
2. Kedua Otot dalam tubuh manusia berperan dalam gerakan-gerakan yang disengaja.
3. Ketiga Selain itu, otot dalam badan insan juga berperan dalam gerakan insan yang tidak disengaja.
4. Keempat Otot dalam badan juga berfungsi memberikan pemberian.
5. Kelima Fungsi lain dari otot yaitu untuk mempertahankan postur tubuh.
6. Keenam Otot juga berperan dalam menjaga suhu badan secara keseluruhan.
Read More :  Memilih Volume Kubus Matematika Kelas V

Ayo Berkreasi
Buatlah gambar cover bacaan di atas. Masih ingatkah kamu pengertian dan unsur-unsur yang harus ada dalam cover?

otot dalam tubuh manusia memiliki beberapa fungsi Ide Pokok Teks Otot Manusia

Cover yang baik adalah yang mampu mempengaruhi dan menarik minat orang untuk membaca isi buku secara keseluruhan. Untuk itu, maka sebuah cover harus memenuhi unsur-unsur berikut.

  1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis karakter yang menarik dan mencolok.
  2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan mudah dipahami.
  3. Terdapat nama penulis.
  4. Terdapat identitas penerbit.
  5. Menyertakan gambar yang menarik.
  6. Terdapat sinopsi isi buku pada sisi belakang.
  7. Terdapat identitas buku pada punggung buku.

Agar mampu menghasilkan gambar cover yang baik, kamu harus benar-benar memahami isi bacaan terlebih dahulu. Setelah itu kamu harus memilih terlebih dahulu desain background (latar). Ada dua macam desain dalam menciptakan cover, ialah:

  1. Cover dengan latar berwarna putih dan goresan pena sederhana Pada jenis ini, tidak ada gambar yang memenuhi halaman. Bahkan terkadang hanya berisi judul, nama pengarang, dan nama penerbit. Dengan demikian yang nampak secara umum dikuasai yaitu warna putih dan ruang kosong. Ruang kosong semacam ini dimaksudkan sebagai ruang yang lega semoga mata tidak sesak terpenuhi oleh gambar.
  2. Desain penuh warna dan gambar Pada jenis ini, bab yang lebih banyak didominasi yakni gambar ilustrasi dan judul. Selain itu juga disajikan permainan warna yang mencolok dan bervariasi.
Read More :  Menciptakan Daftar Pertanyaan Teks Sembilan Bahaya Kabut Asap Dan Cara Mengatasinya

Comments are closed.