Info Wisata, Kulineran & Gaya Hidup

Material Ini Sering Digunakan untuk Talang Air

0 27

Material Ini Sering Digunakan untuk Talang Air – Keberadaan talang air memang memiliki manfaat yang sangat penting karena dapat membantu mengalirkan air hujan agar tidak membanjiri halaman rumah serta tak merembes ke area rumah. Tak heran, jika penggunaan pipa air hujan kerapkali digunakan untuk menghindari hal tersebut.

Nah, terdapat beberapa material talang air yang sering dipakai untuk mengalirkan air hujan tersebut, di antaranya:

Seng.

Seng atau zinc merupakan salah satu material yang paling umum digunakan untuk talang air hujan karena materialnya yang mudah dibentuk sekaligus memiliki harga relatif murah. Tak hanya itu saja, material satu ini pun sangat fleksibel karena ketika pemasangannya dapat mengikuti bentuk atap. Karena itulah, material seng ini sangat banyak digunakan untuk mengalirkan air hujan. Meskipun begitu, saat intensitas curah hujan yang turun terlalu tinggi biasanya akan muncul suara berisik.

Plastik.

Selain seng, bahan plastik yang terbuat dari Polyvinyl Chloride juga sering dimanfaatkan untuk saluran air hujan. Bila dibandingkan dengan material seng, material dari plastik ini terbilang sangat murah dan materialnya pun siap pasang karena dijual dalam bentuk tertentu. Namun demikian, untuk penggunaannya sendiri talang ini memiliki masa pakai sekitar satu tahun dan cukup rentan mengalami kerusakan, terlebih jika berkaitan dengan cuaca.

Logam.

Logam atau galvalum pun kerap dijadikan sebagai material pengalir saluran air hujan di rumah karena memiliki ketahanan dan kekuatan yang lebih baik. Material satu ini memiliki sifat anti rayap, anti keropos, serta anti karat. Bukan cuma itu saja, bahan logam ini juga sangat fleksibel sehingga sangat cocok digunakan untuk mengalirkan air hujan. Untuk harganya sendiri lebih mahal dibanding dengan dua material sebelumnya, yakni seng dan plastik.

Beton.

Tak hanya berguna untuk bahan dasar pembuatan rumah, beton juga bisa dimanfaatkan untuk menampung sekaligus mengalirkan air hujan di rumah. Biasanya, beton ini dibuat secara manual dengan desain berbentuk parit dan umumnya berada di bagian atas rumah atau berdekatan dengan atap rumah.

Read More :  Pandangan Baru Pokok Teks Otot Insan

Sampai saat ini memang masih banyak yang menggunakan material beton sebagai talang air hujan karena dianggap lebih praktis dan tidak harus menggantinya setiap tahun akibat rusak terkena panas matahari dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa material yang sering dijadikan sebagai penalang air hujan. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.