Info Wisata, Kulineran & Gaya Hidup

Kombinasi Gerak Lokomotor Nonlokomotor Dan Manipulatif Permainan Kasti

120

Kasti dimainkan menggunakan bola kecil. Dalam bermain kasti, dapat mengombinasikan gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Dalam permainan kasti, batas waktu ditentukan berdasarkan kemampuan kelompok penjaga mematikan kelompok pemukul. Cara bermain kasti yakni dengan membentuk kelompok yang beranggotakan 3–4 orang.

1. Gerak Dasar dalam Permainan Kasti
Ada beberapa gerak dasar dalam permainan kasti, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Kombinasi dalam Melempar Bola
Dalam permainan kasti, melempar bola merupakan gerak dasar. Melempar bola mengombinasikan gerak nonlokomotor dan manipulatif. Gerak dasar melempar bola terdiri atas tiga jenis berikut.

1) Melempar Bola Mendatar dan Gerak Meluruskan Lengan
Gerakan melempar bola dan meluruskan lengan memberikan kombinasi gerak nonlokomotor dan
manipulatif dalam melempar bola. Gerak nonlokomotor saat meluruskan tangan, sedangkan gerak manipulatif dikala melempar bola mendatar.

Gerak ini diawali dengan pemain memegang bola menggunakan ajun. Kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang. Lengan kanan lurus dari belakang ke depan. Pandangan mata ke arah sasaran dan lemparkan bola setinggi dada.

2) Melempar Bola Lambung dan Meluruskan Lengan
Gerakan melempar bola lambung dan meluruskan tangan menunjukkan kombinasi nonlokomotor dan manipulatif. Gerakan melempar bola lambung merupakan gerak manipulatif, sedangkan meluruskan tangan merupakan geraknonlokomotor.

Gerakan melempar bola melambung dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. Langkah
awal, bangkit dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Pegang bola dengan ajun, pandangan ke arah sasaran. Ayunkan lengan kanan lurus dari belakang ke depan dan lemparkan bola ke atas melewati tinggi badan.

Read More :  Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah

3) Melempar Bola Menyusur dan Meluruskan Lengan
Gerak melempar bola menyusur tanah merupakan kombinasi gerak manipulatif dan lokomotor. Gerakan melempar bola menyusur merupakan gerak manipulatif, sedangkan meluruskan tangan merupakan gerakan nonlokomotor.

Gerak bola menyusur tanah membutuhkan koordinasi mata dan tangan. Saat melempar bola, badan dibungkukkan dan kaki ditekuk. Bola ditarik memakai salah satu tangan ke belakang, kemudian diayunkan ke depan dengan cepat. Lepaskan bola sehingga bola melaju menyusur tanah.

b. Menekuk Lengan dan Menangkap Bola Datar
Gerakan menangkap bola mengombinasikan gerak nonlokomotor dan manipulatif.

1) Menekuk Lengan dan Menangkap Bola Datar
Menekuk lengan dan menangkap bola datar merupakan kombinasi gerak nonlokomotor dan gerak manipulatif. Gerak nonlokomotor dilakukan ketika menekuk lengan, sedangkan gerak manipulatif ketika menangkap bola datar.

Saat menangkap bola, posisi tubuh tegak dan kaki sedikit dibuka. Kedua tangan diangkat ke depan setinggi dada. Pandangan tertuju ke arah datangnya bola. Selanjutnya, bola ditangkap dengan kedua tangan.

Read More :  Menciptakan Pertanyaan Teks Indahnya Kebun Teh Di Puncak, Bogor

2) Menekuk Lengan dan Menangkap Bola Lambung
Menekuk lengan dan menangkap bola lambung merupakan kombinasi gerak nonlokomotor dan gerak manipulatif. Gerak nonlokomotor dilakukan dikala menekuk lengan, sedangkan gerak manipulatif dikala menangkap bola lambung

Sikap awal posisi badan tegak, kaki sedikit dibuka. Kedua tangan diangkat mengikuti arah datangnya bola. Pandangan tertuju pada arah datangnya bola. Kedua telapak tangan dibuka ke atas dan pergelangan tangan dirapatkan. Selanjutnya, tangkap bola dengan kedua tangan.

3) Berjongkok dan Menangkap Bola Menyusur
Berjongkok dan menangkap bola datar merupakan gerak kombinasi antara gerak nonlokomotor dan gerak manipulatif. Gerak nonlokomotor dilakukan ketika berjongkok, sedangkan gerak manipulatif dilakukan saat menangkap bola menyusur.

 batas waktu ditentukan berdasarkan kemampuan kelompok penjaga mematikan kelompok pemukul Kombinasi Gerak Lokomotor Nonlokomotor dan Manipulatif  Permainan Kasti

Posisi awal, badan jongkok, kaki ditekuk, dan tangan ditempatkan di antara kedua kaki. Pandangan tertuju ke arah datangnya bola. Kedua telapak tangan dibuka dan pergelangan tangan dirapatkan. Selanjutnya, tangkap bola dengan kedua tangan.

c. Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Memukul Bola
Gerakan memukul bola mampu mengombinasikan gerak nonlokomotor, manipulatif, dan lokomotor. Gerak manipulatif saat memukul bola, gerak nonlokomotor saat menekuk lengan, dan gerak lokomotor ketika berlari menuju tiang hianggap.

Saat memukul bola, harus memperhatikan arah bola. Ayunkan tongkat pemukul tepat mengenai bola. Pukulan yang benar menghasilkan pantulan bola yang sulit dijangkau kelompok penjaga. Setelah memukul bola, ikuti gerakan berlari menuju tiang hinggap.

Read More :  Meneladani Nilai-Nilai Perjuangan Rasulullah Saw. Di Madinah

2. Mengombinasikan Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Kasti
Gerakan dasar pada permainan kasti meliputi melempar bola, menangkap bola, dan memukul bola. Kombinasi gerak dasar permainan kasti dapat dilakukan secara berkelompok atau berpasangan.
Satu orang melakukan gerakan melempar bola. Satu orang lagi berlatih gerakan memukul bola melalui lemparan bola dari rekannya.

Sementara itu, satu orang lainnya menangkap bola hasil pukulan. Bola yang ditangkap dilemparkan ke arah temannya. Praktikkan kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif melalui langkah-langkah berikut.

  1. Bentuklah tim terdiri atas dua kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 5–6 orang.
  2. Tentukan kelompok pemukul dan kelompok penjaga.
  3. Kelompok pemukul menempati ruang bebas, sedangkan kelompok penjaga menyebar di semua bidang lapangan.
  4. Pemain nomor 1 kelompok pemukul menempati tempat memukul dan bersiap melakukan pukulan.
  5. Setelah memukul bola, pemukul berlari menuju tiang hinggap/pos, kemudian berlari menuju ruang bebas.
  6. Kelompok penjaga berusaha mematikan pemain (pemukul yang sedang berlari) dengan cara melemparkan bola mengenai badan pemain.
  7. Lakukan kegiatan sampai semua pemukul menerima kesempatan melakukan pukulan dan berlari.
  8. Lakukan pergantian antara pemukul dan penjaga (bertukar posisi) jika semua pemukul sudah mendapatkan giliran melakukan pukulan.

Comments are closed.